fbpx

Kajian - Evaluasi Kerjasama Pengelolaan Terminal Curah Kering & Log Di Pelabuhan Gresik Antara Pt Pelabuhan Indonesia (PERSERO)
Dengan PT Gresik Jasatama

BKMP UNAIR NEWS –¬†Evaluasi kerjasama pengelolaan Terminal Curah Kering dan Log di Pelabuhan Gresik dilaksanakan atas dasar rekomendasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Timur untuk melakukan peninjauan ulang besaran revenue sharing dan masa Build Operate Transfer (BOT) kerjasama pengelolaan dan pengoperasian Terminal Curah Kering dan Log di Pelabuhan Gresik melalui kajian keekonomian yang dilakukan oleh konsultan independen.

PT Gresik Jasatama merupakan Pelabuhan curah kering dan log, yang diperuntukkan sebagai terminal bongkar muat batubara, pupuk, kayu log, general cargo, dan bag cargo. Kerjasama yang dijalankan antara Pelindo Regional 3 dan PT Gresik Jasatama (GJT) adalah kerjasama operasional (KSO) Pengembangan dan Pengelolaan Terminal Log dan Curah Kering di Pelabuhan Gresik dengan skema BOT selama 20 tahun. GJT menjalankan bisnis utama sebagai mitra kerjasama Pelindo Regional 3 dalam menyediakan jasa kepelabuhanan, melalui pembangunan dan pengoperasian Terminal Log dan Curah Kering di Pelabuhan Gresik. Model bisnis kerjasama yang dijalankan adalah sebagai berikut:

Gambar Model Bisnis Kerja Sama

Permasalahan operasional yang dihadapi oleh GJT adalah adanya penghentian kegiatan operasional bongkar komoditas batubara yang disebabkan oleh unjuk rasa dan penutupan jalan akses keluar terminal oleh warga sekitar akibat polusi debu batubara. Hal tersebut mengakibatkan perusahaan tidak mampu mencapai kapasitas optimal, sehingga berimplikasi pada bisnis perusahaan secara keseluruhan, dimana batubara memberikan kontribusi terbesar terhadap total pendapatan GJT. Upaya penyelesaian permasalahan GJT tersebut adalah:

  1. Menggunakan rencana akses jalan baru yang sedang diinisiasi oleh Pelindo Regional 3.
  2. Menggunakan akses jalan lama, dengan melakukan pendekatan kepada Pemerintah Daerah dan warga sekitar.

Kesepakatan atas kelanjutan kerjasama pengelolaan dan pengoperasian Terminal Curah Kering dan Log di Pelabuhan Gresik antara Pelindo Regional 3 dengan GJT dilakukan melalui optimalisasi kinerja pelayanan bongkar muat curah kering dan log dengan tetap mengikuti koridor aturan hukum yang berlaku yaitu legal opinion yang dilakukan Jaksa Agung Muda Perdata Tata Usaha Negara (JAM DATUN) Kejaksaan Agung.

(Bambang Tjahjadi)