fbpx

Kajian - Mengungkap Suara Rakyat: Ekspektasi dan Harapan Masyarakat Madiun terhadap Pembangunan Kota

BKMP UNAIR NEWS – Badan Kerjasama dan Manajemen Pengembangan (BKMP) Universitas Airlangga, bekerja sama dengan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Pemerintah Kota Madiun, telah melakukan penelitian yang berfokus pada kajian opini dan ekspektasi masyarakat terhadap pembangunan Kota Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai opini dan harapan publik terkait pembangunan, khususnya dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya, infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan pembangunan Kota Madiun.

Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan di Kota Madiun, melibatkan partisipasi masyarakat dari berbagai latar belakang. Ratusan responden dari berbagai kelompok masyarakat telah terlibat dalam penelitian ini, yang diwakili oleh berbagai kalangan seperti pelaku usaha, tokoh masyarakat, pemuda, akademisi, dan perwakilan organisasi masyarakat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Kota Madiun secara umum merasa bahwa proses pembangunan yang telah dilakukan didasarkan pada kebutuhan mereka. Namun, terdapat beberapa permasalahan yang perlu diperhatikan, terutama dalam bidang ekonomi. Masyarakat mengungkapkan harapan mereka untuk adanya pembukaan lapangan pekerjaan yang dapat menyerap tenaga kerja lokal. Selain itu, masyarakat juga berharap adanya pemberdayaan bagi pelaku usaha UMKM guna mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Dr. Suko Widodo, Drs., M.Si., yang bertindak sebagai peneliti utama dalam penelitian ini, menjelaskan bahwa untuk mengatasi permasalahan mendasar yang dihadapi masyarakat Kota Madiun, khususnya dalam bidang ekonomi, diperlukan sejumlah upaya. Beberapa upaya yang disarankan adalah melalui pelatihan keterampilan bagi masyarakat, kerjasama atau kemitraan dengan perusahaan untuk membuka lapangan pekerjaan, serta pemaksimalan program pemberdayaan masyarakat, terutama bagi pelaku usaha UMKM.

Pemerintah Kota Madiun akan mempertimbangkan temuan dan rekomendasi dari penelitian ini dalam menyusun kebijakan pembangunan yang lebih efektif dan berkelanjutan. Langkah-langkah konkret akan diambil untuk mewujudkan harapan masyarakat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Kota Madiun.

Dengan hasil penelitian yang komprehensif ini, diharapkan pembangunan Kota Madiun dapat semakin berpihak pada kepentingan masyarakat secara menyeluruh. Pemerintah dan lembaga terkait berkomitmen untuk melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan demi mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan bagi seluruh masyarakat Kota Madiun.

(Suko Widodo)